Nama

Alamat

Pekerjaan

Hobi

No Tlp

Ini bukan gurauan, tapi kenyataan loh kalau komputer / laptop ternyata punya jenis kelamin. Ada yang cowok dan ada yang cewek . Penasaran apa jenis kelamin ‘partner’ mu? Begini caranya:
gampang kok.. !!
  1. Buka notepad
  2. Isi dengan kode teks menggunakan format:
    CreateObject("SAPI.SpVoice").Speak ("<kalimat>")
    Ganti <kalimat> dengan kalimat yang diinginkan, misalnya:
    CreateObject("SAPI.SpVoice").Speak ("Hello, I am your laptop")
  3. Save file berisi kode tersebut dengan nama <namafile>.vbs, misal h2c.vbs
  4. Klik dua kali file yang disimpan tadi. Jika scriptnya jalan, Kamu akan mendengar suara orang yang berbicara sesuai kalimat yang Kamu tuliskan tadi.
  5. Perhatikan suaranya, jika itu suara wanita berarti komputer/laptop kamu wanita. Kalo suara laki-laki berarti ya laki-laki.
Dan ternyataaa… Laptop saja berjenis kelamin laki-laki!! Hahaha..
Pantes aja ni laptop bandel banget, susah diaturnya.. Tapi tahan banting juga dink, selalu siap siaga buat diajak begadang, hahaha…
Aneh-aneh aja ya..

Sebenarnya kode yang dibuat di atas adalah script dalam visual basic (terlihat bahwa ekstensinya .vbs). SAPI.SpVoice adalah object yang menjalankan Microsoft text-to-speech voice ketika diinstansiasi dengan method CreateObject. Microsoft text-to-speech voice ini lah yang fungsinya mensintesis teks menjadi suara.

Microsoft text-to-speech voice ini ada berbagai macam. Ada yang bersuara laki-laki kayak Microsoft Sam dan Microsoft Mike. Sedangkan yang bersuara wanita misalnya Microsoft Mary dan Microsoft Anna. Dan masih beberapa lagi mas-mas dan mbak-mbak yang bisa ngomong di laptop. Jadi ‘jenis kelamin’ laptop/komputer kamu ya tergantung dari Microsoft text-to-speech voice mana yang digunakan. Jadi kalo pengin ‘ganti jenis kelamin’ komputer/laptop mu, ya tinggal install aja program text-to-speech voice yang diinginkan.

Settingannya dapat dilihat dengan membuka Control Panel, pilih “Sounds, Speech, and Audio Devices “ , lalu klik Speech (eh, itu kalo Windows XP, gak tau sama gak kalo OS lain, cari sendiri lah :-P ).

Sedangkan method Speak adalah untuk ‘menyuruh’ Microsoft text-to-speech voice tersebut untuk ‘membacakan’ string kalimat yang dituliskan setelahnya. Berhubung laptop saya menggunakan Microsoft Sam (emang udah defaultnya Windows XP sih), jadi wajar jika laptop saya cowok, hahaha. Namun, dengan sedikit manipulasi script di atas, saya dapat mengubahnya menjadi suara cewek, yakni dengan mengubah pitch suaranya. Caranya dengan menambahkan string “<pitch middle=’n'>”. Dengan n berkisar dari -25 hingga 25. Makin besar n, makin tinggi nada suara yang dihasilkan. Jadi saat saya menggunakan kode berikut:

CreateObject("SAPI.SpVoice").Speak ("<pitch middle='25'>" & "Hello, I am your laptop")

Si TOSHIBA sekarang bersuara cewek, hehehe.. (sebenarnya masih suara cowok sih, cuma nadanya lebih tinggi. Kesannya malah kayak suara banci, wkwkwk :-P )

 

 Selamat Mencoba .. !! ckck:D

One Response so far.

  1. Dina says:

    Lucu !!
    punya gw cewe .. he

Leave a Reply