Nama

Alamat

Pekerjaan

Hobi

No Tlp

Entah harus mulai dari mana saya harus mengatakannya. Entah apa yang mau disampaikan di blog ini. Yang  jelas ingin berbagi aja. Tak lebih. Udah lama gak nulis mengenai aktivitas sendiri, sekarang mencoba untuk melakukannya.
Aktivitas jelasnya menyita waktu dan tenaga, beserta materi. Itu hal umum dan wajar. Bagaimana dengan masalah yang di hadapi saat ini dimana sedang berpadu dengan aktivitas ?
Banyak masalah dalam hidup ini.  Yah,  katanya itu cobaan. Saya pikir ada benarnya dan memang benar. Terlalu bodoh untuk diri sendiri jika mengilhami sebuah permasalahan sebagai pagar tebal nan  tinggi, yang tak bisa di lewati sama sekali.  Apalagi menganggapnya mustahil. Oh, tidak bisa !
Saya dan teman-teman blogger saat ini tentu memiliki masalah yang beragam, dari kadar dan tipenya, , dan  apalah namanya. Pokoknya masalah.. Titik.  Terus bagaimana untuk mengolah masalah menjadi hal yang sekiranya bisa diolah menjadi ‘vitamin’, untuk diri sendiri dan orang lain di sekitar kita.
Bagi mahasiswa khususnya seperti saya saat ini, Tugas kuliah, Laporan Kerja, Biaya Hidup , tentu menjadi masalah cukup rumit untuk membagi waktu. Yah,  setidaknya  waktu jeda untuk beristirahat amat minim. Meskipun terkadang sulit untuk membaginya, secara psikis dan fisik pun terkuras keras.
Bahkan, kalau tidak bisa mengatur waktu secara optimal, maka habislah riwayat kita. Belum lagi bagi blogger yang sibuk kerja, dengan aturan formal di tempat kerja, diperintah sana-sini untuk mengerjakan job sesuai dengan deadline, ditambah lagi masalah keluarga, cinta, yang tiada hentinya menggerogoti. Huuh, rasanya ingin mengakhiri. 

Tapi tunggu dulu!
Dan parahnya lagi (maaf) bagi blogger  punya utang disana-sini,  yang membuat  tidak bisa tidur dengan nyeyak sehingga memunculkan dilema pada malam  hari.
Saya sarankan jangan mengambil tindakan ceroboh dulu, karena belum tentu akan menyelesaikan masalah parahnya akan menambah masalah, dan parahnya lagi merembet pada hal lainnya.
Banyak cara agar masalah yang kita rasakan  untuk sementara waktu bisa diredam atau dinetralisir...''' INGAT, HANYA DIREDAM.  "" Setelah itu carikan solusinya. Hitung-hitung meredam adalah trick jitu untuk  memasukkan asupan energi baru dengan kapasitas besar  untuk memecahkan  masalah.
Menulis. Yah, itu salah satu cara saya untuk menyampaikan uneg-uneg, masalah keseharian yang menimpa, berat-ringan, tinggi-pendek, pokoknya dibahasakan. Karena kecenderungan, menurut saya itu juga sih. kisah yang kita alami entah baik buruknya kejadian kemudian di story kan dengan gaya bahasa ala kadarnya atau serius, akan membuka celah  solusi dari permasalahan. Tidak percaya, silakan buktikan sendiri!
Ibartkan membuat Proposal (Sripsi) rumusan masalah (masalah hidup)  amat di perlukan, untuk membedahnya dibutuhkan  teori. Teori itulah yang akan nanti menuntut si  peneliti untuk memacu diri untuk memecahkan masalah. Tidak lain di bahasakan (ditulis) bukan hanya difikir dan difikir.
Begitupun masalah hidup yang kita hadapi saat ini. Untuk memecahkannya perlu proses yang tidak singkat. Menulis, salah satu menurut saya adalah terapi.  Dengan menulis mampu   ‘memuntahkan’ isi otak yang penuh dengan kotoran-kotoan masalah. Namun seyognyanya kotoran tersebut bisa didaur ulang agar bisa bermanfaat lagi. Ih, Jorok.
Untuk itu tidak salahnya para blogger di negeri ini mencoba memuntahkan isi otak dengan menulis.  Dengan menulis apapun itu. Menulis saya rekomendasikan sebagai salah satu cara untuk meredam masalah yang dihadapi, dan INGAT menulis bukan berarti menyelesaikan semua masalah kalian.
Kalau ada cara lain, silahkan isi komentar dibawah ini. Ditunggu nya DULUR  !


Leave a Reply